1) Langkah Kesatu
Hindarkan dan cegah ulama Islam membagi wilayah binaan ummat dan dorong mereka untuk berebut ummat, pendukung dan simpatisan dalam wilayah yang tak terbatas sehingga tidak jelasbagi mereka tentang tugas, wewenang dan tanggungjawabnya.

2) Langkah Kedua
Budayakan mengundang dan memberi penghargaan kepada tokoh/ ulama yang pandai bicara dan jumlah tarif yang menggairahkan agar dapat merangsang tokoh Islam/ ulama untuk berlomba mencari harta dan ketenaran didepan pengikutnya sehingga mereka tidak merasa kerasan membina di lingkungannya sendiri.

3) Langkah Ketiga
Pentaskan tokoh Islam/ Ulama yang pandai bicara dan menarik masyarakat didepan tokoh/ ulama/ masyarakat untuk menghancurkan wibawa tokoh/ ulama kecil.

4) Langkah Keempat

Berikan kepada tokoh/ ulama Islam kesibukan diluar wilayah domisilinya atau dorong orang Islam berduit untuk membuat lembaga pendidikan yang akan ditunggu oleh tokoh/ ulama Islam tersebut di wilayah domisilinya sehingga tokoh/ ulama tersebut tidak punya waktu mengajar masyarakat Islam di lingkungannya karena kesibukan diluar dan atau didalam lembaga pendidikan yang ditunggunya.

5) Langkah Kelima
Panggil Ulama ke rumah untuk mengajar Islam dengan cara privat dan berikan tarif bayaran yang lebih tinggi dibanding dengan tarif mengajar di masyarakat sehingga tidak ada kesempatan bagi tokoh Islam/ ulama untuk mengajar di lingkungannya.

6) Langkah Keenam
Tawari tokoh Islam/ ulama kondang suatu kedudukan, jabatan atau peranan penting dilingkungan kenegaraan sehingga mereka menganggap kecil kepada tokoh Islam atau ulama lainnya.

7) Langkah Ketujuh
Gilirkan para tokoh Islam/ Ulama dalam satu mimbar masyarakat pendengar yang sama, perhatikan perbedaan pendapatnya dan tumbuhkan perbedaan pendapat mereka didepan masyarakat muslim sehingga masyarakat bingung memilih mana yang benar dan mana yang panutannya.

8) Langkah Kedelapan
Tumbuh suburkan “Orpol, Ormas dan LSM” dan seret mereka agar memasuki ormas, orpol dan LSM berbeda-beda sehingga mereka melakukan kegiatan yang sama pada manajemen yang berbeda.

9) Langkah Kesembilan
Fitnah, tangkap dan penjarakan tokoh Islam/ Ulama dalam waktu yang lama agar tidak banyak bersentuhan dengan ummat atau pengikutnya. Hembuskan kepada masyarakat lingkungannya bahwa mereka telah kena kasus pidana/ subversi dan tidak mendekatinya (isu terlibat).

10) Langkah Kesepuluh
Hancurkan sumber keuangan ulama agar mereka senantiasa bergantung kepada sumbangan ummat simpatisannya.

11) Langkah Kesebelas
Hindarkan dan halangi tokoh Islam/ Ulama agar tidak mempersatukan Ummat Islam dan membentuk kepemimpinan Islam disuatu wilayah.